Apa itu Metaverse, Bagaimana Cara Kerja dan Aktivitasnya

Apa itu Metaverse, Bagaimana Cara Kerja dan Aktivitasnya

Apa itu Metaverse, Bagaimana Cara Kerja dan Aktivitasnya – Saat ini, Metaverse adalah salah satu topik yang sedang dibahas oleh para ahli TI, ekonomi bisnis, hingga pemasaran.

Popularitasnya terus meroket setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau dalam META singkat.

Namun, mengingat keberadaan tiga miliar pengguna Facebook yang sekarang berubah menjadi Meta, Mark Zuckerberg mengungkapkan makna dan beberapa fitur dalam Dunia Virtual.

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah istilah yang telah lama dibuat. Dia pertama kali digunakan pada tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya berjudul “Salju Crash”.

Menurut CNBC, istilah ini mengacu pada dunia virtual berbasis 3D yang dihuni oleh avatar dari pengguna nyata. Meski begitu, makna istilah itu tidak dapat didefinisikan secara universal.

Karena, karena kilatan telah dijelaskan, sejauh ini metaverse masih dalam bentuk konsep. Waktu peluncuran, Bila Kamu ingin didefinisikan, katakan saja Dunia Virtual sebagai dunia internet yang disaBilan dalam bentuk 3D dan virtual.

Sebagai CEO META, Mark Zuckerberg sendiri menggambarkan Metaverse sebagai dunia virtual yang dapat dimasukkan oleh penggunanya.

Jadi, alih-alih hanya melihat layar, Kamu yang menggunakan Dunia Virtual dapat merasakan hidup dalam meta dengan “masuk” ke lingkungannya.

Bila disingkat, Metaverse adalah komunitas virtual yang saling berhubungan dan tidak memiliki tip. Di dalamnya, pengguna dapat bekerja, bersosialisasi, berbelanja, bermain menggunakan teknologi khusus.

Beberapa teknologi ini termasuk headset realitas virtual, kacamata augmented reality, serta aplikasi khusus smartphone dan perangkat lain.

Gambar sederhana yang diungkapkan oleh Zuckerberg tentang Metaverse adalah satu set ruang virtual, di mana pengguna dapat membuat dan menjelajahi dunia dengan pengguna Internet lainnya.

Pengguna tidak perlu berada di ruang fisik yang sama dengan yang lain. Mereka hanya perlu “memasuki” ke dunia virtual.

Metaverse untuk Facebook Saja?

Ketika kilau menjelaskan, Metaverse adalah konsep dunia virtual yang dapat digunakan di masa depan. Namun, apakah dunia digital ini hanya digunakan untuk pengguna Facebook atau Meta?

Menurut Halaman AS Today, Metaverse sangat penting untuk berkembang sehingga pengguna dapat menjelajahi dunia secara nyata.

Dia juga harus bekerja dengan banyak perusahaan sehingga pengguna dapat berinteraksi nanti, berbelanja, dan menjual di dalamnya.

Oleh karena itu, Meta kini telah menjalin hubungan kerja sama dengan banyak perusahaan terkenal untuk bertemu dunia metafeverse.

Misalnya, perusahaan GIM terkenal, game epik, telah berperan dan mengumpulkan US $ 1 miliar dari investor untuk membantu rencana jangka panjang untuk membangun Dunia Virtual.

Merek pakaian kelas dunia seperti Gucci juga berkolaborasi dengan Roblox GIM untuk menjual koleksi aksesoris digital khusus di Metaverse.

Coca-Cola dan Clinique juga menjual token digital sebagai batu loncatan ke Metaverse.

Facebook menyediakan pernyataan bahwa Metaverse bukan produk tunggal yang hanya dapat dibangun oleh satu perusahaan.

Tepatnya, Metaverse adalah produk serupa seperti Internet. Terlepas dari keberadaan Facebook, Metaverse akan tetap dan diperluas.

Aktivitas Metaverse?

Nah, sebagai dunia maya, Metaverse adalah sebuah lingkungan yang menyediakan banyak pilihan aktivitas bagi pengguna.

Hal ini dapat dilihat dari inisiatif Meta dan Mark Zuckerberg untuk membangun hubungan kerjasama dengan banyak perusahaan terkenal.

Namun, itu tidak terpaut kampanye perusahaan, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh orang-orang awam pada platform ini. Berikut adalah daftar dan penjelasan.

1. Konser Virtual Metaverse

Salah satu hal yang dapat Kamu lakukan di Metaverse adalah menonton konser virtual. Seperti kilau menjelaskan, masyarakat dapat melakukan kegiatan di luar kampanye perusahaan.

Salah satunya adalah menonton konser virtual yang diadakan di lingkungan Dunia Virtual. Konsep ini hampir mirip dengan menonton konser langsung.

Dengan bantuan teknologi, Kamu akan merasakan konser suasana otentik dengan pengguna lain di Dunia Virtual. benar menarik?

2. Pameran Kerya Seni dan Pakaian

Hal lain yang dapat Kamu lakukan di Metaverse adalah melihat dan membeli karya seni dan pakaian. Menurut Wired, pembelian dan penjualan karya seni di Dunia Virtual hadir dalam bentuk NFT.

Pengguna kemudian dapat melihat dan membeli hak kepemilikan karya seni dari perusahaan atau seniman Bila mereka tertarik.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mencoba dan membeli pakaian langsung dari perusahaan. Pakaian ini nantinya dapat digunakan oleh Avatar atau ditampilkan pada akun media sosial pembeli.

Konsep pakaian juga disebut mode digital, dan sudah mulai diperdagangkan oleh banyak perusahaan pakaian terkenal.

3. Bermain Game

Bagi pengguna yang seperti bermain game, Dunia Virtual bisa menjadi menyenangkan platform yang cukup. Sebab, banyak perusahaan video yang terkenal GIM telah bekerja dengan perusahaan milik Mark Zuckerberg.

Di dalamnya, Kamu dapat menikmati berbagai permainan dari perusahaan seperti Epic Games yang mengeluarkan fortnite.

Untuk bermain, Kamu membutuhkan teknologi khusus seperti Oculus Rift untuk dapat “masuk” ke dalam dunia maya metaverse.

Hal ini akan diprioritaskan karena Meta ingin memberikan pengalaman penggunaan terbaik bagi masyarakat dan perusahaan.

Pengguna juga akan memiliki kemampuan teleportasi dari satu pengalaman ke yang lain.

Karena, perusahaan baru akan terus bekerja sama dan mencari cara untuk dapat terhubung setiap platform lain di Dunia Virtual.

Kesimpulan

Nah Itulah Apa itu Metaverse, Cara Kerja dan Aktivitasnya. Semoga kita bisa beradaptasi dengan teknologi terkini dan juga bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk terus kunjungi DmasTekno bagikan artikel dan komentar melalui kolom di bawah ini, Terimakasih 😊.

Posting Komentar untuk "Apa itu Metaverse, Bagaimana Cara Kerja dan Aktivitasnya"