Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur dalam Tulisan Arab Serta Bahasa Latinnya

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur dalam Tulisan Arab Serta Bahasa Latinnya - Dalam tulisan ini, saya akan memaparkan bacaan niat puasa Ramadhan beserta doa sahur dalam tulisan Latin dan Arab. Bacaan niat dan doa tersebut akan disertakan di bagian akhir artikel.

Sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan sahur mulai dari sepertiga malam hingga waktu imsak.

Baca Juga: Mandi Wajib untuk Ramadan: Tata Cara, Niat, dan Manfaatnya

Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur

Sahur merupakan salah satu rukun puasa yang berhukum sunnah. Meskipun hukumnya sunnah, melakukan sahur sangat dianjurkan dalam Islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: السَّحورُ أُكْلةُ بَرَكةٍ، فلا تَدَعوه، ولو أنْ يَجرَعَ أَحَدُكم جُرْعةً من ماءٍ؛ فإنَّ اللهَ وملائكتَه يُصلُّونَ على المُتَسَحِّرينَ.

Artinya, "Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Sahur adalah makan yang membawa berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya, meskipun hanya dengan meneguk seteguk air karena sesungguhnya Allah dan para malaikat berselawat untuk mereka yang bersahur.'" (H.R. Ahmad).

Oleh karena itu, terdapat bacaan doa dan niat khusus yang hendaknya dilafalkan setelah selesai sahur untuk melaksanakan puasa Ramadhan.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adai fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta'ala

Artinya: "Aku berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan pada tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Setelah melafalkan bacaan niat puasa, Anda juga dapat menambahkannya dengan melafalkan doa syukur atas sahur yang telah disantap.

Baca Juga: Contoh 25 Ucapan Hari Perempuan Sedunia 2024 buat di Sosmed!

Bacaan Doa Sahur

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn

Artinya: "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya kepada mereka yang bersahur."

Bacaan Doa Buka Puasa

رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika 'alaika tawakkalatu, dzahabadzh dzhama-u wabtalatil-'uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah. Ya wasi'al-fadhli ighfirli alhamdulillahilladzi hadani fashumtu, wa razaqani fa-afthartu

Artinya: "Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku bertawakkal. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah dan insyaAllah pahala sudah tetap. Wahai Dzat Yang Maha Luas Karunia, ampunilah aku. Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku, lalu aku membatalkannya."

Baca Juga: Apa itu KJMU? Syarat & Cara Daftar KJMU

Itulah Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur dalam Tulisan Latin dan Arab. Cobalah gunakan bacaan niat dan doa di atas ketika Anda melakukan puasa ataupun sahur nanti. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Niat Puasa Ramadhan dan Doa Sahur dalam Tulisan Arab Serta Bahasa Latinnya"