Siapa Raja Internet di Indonesia 2024? Daftar ISP Tercepat Terkuak!

Siapa Raja Internet di Indonesia 2024? Daftar ISP Tercepat Terkuak!

Siapa Raja Internet di Indonesia 2024? Daftar ISP Tercepat Terkuak! - Speedtest, perusahaan asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan pengujian jaringan, telah mengumumkan daftar operator seluler dengan koneksi internet tercepat di Indonesia.

Berdasarkan laporan tersebut, anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom, Telkomsel, menempati posisi teratas sebagai operator seluler dengan koneksi internet tercepat di Indonesia pada kuartal II dan III tahun 2023. 

Baca Juga: Nvidia Siap Bangkit di Industri Game Genggam, Targetkan Bersaing dengan Steam Deck dan ROG Ally!

Peringkat Operator Seluler Tercepat Kuartal III/2023

Kecepatan operator seluler lainnya yang diukur mencakup XL, Smartfren, dan 3 (Tri). Pada kuartal III tahun 2023, Telkomsel berada di peringkat pertama dengan skor kecepatan unduh mencapai 31,04 Mbps. Posisi kedua ditempati oleh XL dengan skor 20,79 Mbps, diikuti oleh IM3 Ooredoo dengan 18,88 Mbps, Smartfren dengan 18,53 Mbps, dan 3 dengan skor 18,47 Mbps.

Adapun pada kuartal II tahun 2023, Telkomsel tetap berada di peringkat pertama dengan skor kecepatan unduh mencapai 28,72 Mbps.

Posisi selanjutnya ditempati oleh XL dengan skor 20,28 Mbps, sementara Smartfren tercatat dengan skor 17,02 Mbps dan 3 dengan skor 16,80 Mbps.

Pemerintah Siapkan Insentif Percepatan 5G

Dalam upaya mempercepat penggelaran jaringan 5G di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang menyiapkan insentif. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa pemerintah akan menanggung biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) frekuensi 5G.

Langkah ini dilakukan sebagai strategi agar jaringan 5G dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia, sehingga dapat masuk ke dalam 10 besar negara dengan internet tercepat di dunia.

Baca Juga: CMS Merupakan Singkatan Dari Apa? Begini Pejelasan Selengkapnya

Penurunan Peringkat Kecepatan Internet Indonesia

Di sisi lain, peringkat kecepatan internet Indonesia berada di posisi 98 pada September 2023, mengalami penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya. Speedtest Global Index mencatat adanya penurunan performa baik di segmen mobile, fixed broadband, maupun latensi.

Posting Komentar untuk "Siapa Raja Internet di Indonesia 2024? Daftar ISP Tercepat Terkuak!"