Tips Melamar Kerja Agar Mudah Di Terima dengan CV ATS Friendly

Tips Melamar Kerja Agar Mudah Di Terima dengan CV ATS Friendly

Tips Melamar Kerja Agar Mudah Di Terima dengan CV ATS Friendly - Apakah Anda ingin tahu cara melamar pekerjaan dengan mudah dan meningkatkan peluang diterima di perusahaan idaman Anda? Jika ya, simak tips melamar pekerjaan secara efektif berikut ini.

Saat ini, memang terbuka banyak lowongan kerja, baik untuk lulusan baru maupun pekerja profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah pelamar kerja terus meningkat setiap tahunnya. Terlebih lagi, banyak tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Kondisi ini membuat persaingan dalam melamar pekerjaan semakin ketat.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tips melamar pekerjaan dengan efektif agar memiliki nilai tambah tersendiri di mata HRD (Human Resource Development). Dengan demikian, HRD akan tertarik untuk merekrut Anda sebagai salah satu karyawan di perusahaan mereka.

Tips melamar kerja Agar Mudah di Terima

Pada dasarnya, ada beberapa tips melamar pekerjaan secara efektif yang dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Terkadang salah satu penyebab gagal lolos seleksi kerja adalah karena tidak melengkapi dokumen yang diminta perusahaan. Padahal, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda tidak melengkapi dokumen yang diperlukan, kemungkinan besar akan gagal pada tahap seleksi berkas yang biasanya menjadi tahap pertama dalam proses rekrutmen. Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan dokumen secara lengkap.

Umumnya, setiap perusahaan memiliki persyaratan dokumen yang berbeda-beda. Namun, beberapa dokumen yang hampir selalu ada dalam syarat melamar kerja adalah CV, resume, dan ijazah. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar kerja untuk melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

2. Buat resume yang sebaik mungkin

Resume dapat dibilang sebagai 'pintu gerbang' untuk mendapatkan pekerjaan yang akan dilihat HRD sebelum CV. Oleh karena itu, Anda wajib membuat resume sebaik mungkin. Caranya adalah dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar serta kontak yang masih aktif.

3. Buat CV yang selengkap mungkin

CV memang merupakan dokumen yang perlu dibuat dengan baik. Karena selain surat lamaran kerja, CV akan menjadi hal kedua yang dipertimbangkan HRD sebelum memutuskan apakah seseorang dapat melanjutkan ke tahap wawancara atau tidak.

Saat ini, CV juga dianggap sebagai salah satu 'kunci' utama yang harus dibuat dengan menarik agar kemungkinan Anda dipanggil untuk wawancara kerja semakin besar.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat CV dengan baik adalah dengan memasukkan informasi yang singkat, padat, dan jelas, menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, hanya memasukkan informasi yang penting saja, dan menggunakan foto yang profesional.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan kontak yang masih aktif dan mudah dihubungi. Karena sangat disayangkan jika Anda gagal mendapatkan panggilan wawancara hanya karena kontak yang Anda masukkan salah atau sudah tidak aktif.

4. Buat Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan hasil pekerjaan yang pernah dikerjakan. Hasil karya ini dapat dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk dokumen, blog, gambar, atau postingan di media sosial.

Pada dasarnya, portofolio tidak hanya wajib dibuat oleh tenaga kerja yang sudah berpengalaman saja, tetapi juga oleh mahasiswa baru lulus atau fresh graduate. Fresh graduate dapat membuat portofolio dengan memasukkan semua hasil karya atau tugas yang pernah dikerjakan selama kuliah.

Di tengah ketatnya persaingan melamar pekerjaan saat ini, portofolio juga merupakan hal yang perlu disiapkan dengan sebaik mungkin. Karena bagi beberapa perusahaan, portofolio adalah salah satu kunci diterimanya seorang karyawan untuk bekerja.

Selain itu, portofolio biasanya juga merupakan salah satu syarat melamar pekerjaan untuk beberapa bidang pekerjaan, khususnya di bidang kreatif, seperti penulis konten, petugas media sosial, penulis iklan, fotografer, dan desainer grafis.

5. Rajin Mengikuti Pelatihan

Saat ini, ada ribuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang dapat Anda ikuti. Bahkan, semua pelatihan ini dapat Anda ikuti secara online menggunakan ponsel atau perangkat lainnya. Rajin mengikuti pelatihan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan di banyak bidang, sehingga kemungkinan Anda diterima bekerja juga semakin besar.

Pelatihan yang Anda ikuti tidak harus sesuai dengan jurusan kuliah. Anda juga dapat mengambil pelatihan lain yang Anda sukai, karena semakin banyak kemampuan lain di luar jurusan kuliah yang Anda kuasai, maka akan semakin baik.

Menariknya lagi, setelah mengikuti pelatihan, Anda pasti akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini wajib Anda cantumkan di CV dan sertakan dalam email lamaran pekerjaan. Karena hal ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi Anda.

6. Lamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Bidang

Salah satu cara tepat untuk melamar kerja dan meningkatkan kemungkinan Anda diterima bekerja adalah dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang selama kuliah atau bidang yang sudah lama Anda tekuni. Karena hal ini dapat bermanfaat untuk menunjukkan kepada HRD bahwa Anda merupakan orang yang sangat kompeten di bidangnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaan. Hal yang paling penting adalah Anda dapat menunjukkan kepada HRD bahwa Anda kompeten di suatu bidang.

Melamar pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan, karena ada berbagai hal yang perlu Anda siapkan dengan sebaik mungkin. Namun, jangan pernah menyerah dan mulailah langkah kecil untuk melamar pekerjaan dengan sebaik mungkin, misalnya dengan menerapkan tips melamar kerja dengan efektif seperti di atas.

Cara Membuat CV ATS Friendly untuk Lamaran Kerja

1. Gunakan CV Builder yang ATS Friendly

Gunakan pembuat CV ATS friendly dapat dibaca oleh mesin ATS. Template pembuat CV yang ramah ATS memiliki format yang sudah disesuaikan sehingga mesin ATS dapat membaca dokumen CV Anda.

Anda dapat mendapatkan template CV yang ATS friendly dengan menggunakan pembuat CV SuratPlus. Pembuat CV SuratPlus sudah didesain untuk memenuhi standar ATS.

Apa itu SuratPlus?

SuratPlus.com merupakan situs web pembuat surat digital. Situs ini menyediakan lebih dari 50 template surat yang dapat Anda gunakan secara gratis!

Kelebihan Menggunakan SuratPlus:

  • Mudah dan Cepat: Dengan sistem generator otomatis, surat dibuat secara real-time dan hanya perlu mengisi data.
  • Otomatis: Dokumen dibuat secara otomatis tanpa harus mengatur tata letak, desain, dan format.
  • Tanpa Instalasi: Buat dokumen online berbasis website tanpa perlu menginstal aplikasi.
  • Penyimpanan Otomatis: Dokumen tersimpan otomatis dengan sistem cloud.
  • Akses Mudah: Dengan berbasis cloud, dapat diakses kapan pun dan di perangkat mana pun.
  • Keamanan Data: Kami menggunakan protokol transfer data yang aman untuk mengamankan proses transfer data.

2. Hal yang Harus Dihindari ketika Membuat CV ATS Friendly

Untuk memastikan bahwa CV yang Anda kirimkan adalah CV lolos standar ATS, usahakan format tata letak CV yang Anda gunakan rapi dan sistematis dengan desain seminimal mungkin. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dihindari saat menulis CV yang ATS friendly:

  • Hindari menggunakan tabel atau kolom,
  • Hindari menggunakan header atau footer,
  • Hindari menulis judul bagian-bagian CV yang terlalu panjang.

Contohnya, cukup tuliskan Pengalaman Kerja, Pendidikan, Keterampilan, dan sebagainya.

3. Hanya Melamar Satu Posisi untuk Satu Perusahaan

Meskipun CV Anda lolos standar ATS, sistem ATS memungkinkan HRD untuk dapat melihat semua lowongan kerja yang Anda lamar di perusahaan tersebut. Kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh pelamar kerja adalah melamar semua posisi dalam perusahaan itu. Ini merupakan tanda bahaya di mata HRD karena dengan ini, rekruter tidak tahu apa yang sebenarnya Anda minati. Ini juga akan membuat Anda tidak memiliki spesifikasi keterampilan untuk satu pekerjaan.

4. Gunakan Kata Kunci untuk Membuat CV yang ATS Friendly

Sistem ATS akan membaca CV pelamar kerja seperti layaknya seorang rekruter. Sistem ATS akan menyaring kumpulan CV dengan mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan. HRD/rekruter tentunya dapat menentukan kata kunci mana yang akan dicari, biasanya mereka menginginkan CV dengan kata kunci yang menjelaskan keterampilan, kualifikasi atau pengalaman yang dibutuhkan untuk lowongan kerja tersebut.

Misalnya, untuk lowongan kerja Digital Marketing, mesin ATS akan mencari CV dengan kata kunci seperti:

  • Google Ads,
  • Google Analytics,
  • SEO,
  • Email Marketing,
  • Creative,
  • Data-driven, dll.

Ketika CV Anda mengandung banyak kata kunci yang relevan, CV ATS Anda akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pastikan Anda memasukkan kata kunci pada CV Anda agar mesin ATS mengetahui bahwa Anda termasuk kriteria yang dicari HRD dan CV Anda dapat lolos penyaringan ATS. Tips penting dalam memasukkan kata kunci adalah dengan membaca ulang lowongan kerja dan mencantumkan kualifikasi keterampilan yang tertera pada postingan lowongan kerja tersebut.

5. Gunakan Simbol Poin atau Angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi, dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS. Dengan menggunakan simbol poin (bullet points) dan angka (numberings), CV ATS Anda akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan menjabarkan dengan paragraf yang panjang.

6. Gunakan Format CV ATS yang Benar

Bedakan format CV biasa dengan format CV yang ATS friendly. CV ATS yang Anda buat harus mudah dibaca oleh sistem ATS. Format CV yang paling mudah dibaca oleh mesin ATS adalah format CV reverse-chronological, yaitu format CV yang menekankan pengalaman kerja Anda dari yang terbaru. Format CV ini juga merupakan format yang paling populer di kalangan rekruter.

Posting Komentar untuk "Tips Melamar Kerja Agar Mudah Di Terima dengan CV ATS Friendly"