Cara Blur Chat di WhatsApp Web, Fitur dan Manfaat

Cara Blur Chat di WhatsApp Web, Fitur dan Manfaat

Cara Blur Chat di WhatsApp Web, Fitur dan Manfaat - WhatsApp masih menjadi salah satu aplikasi pengiriman pesan yang paling digemari oleh masyarakat dunia. Aplikasi tersebut telah diminati oleh puluhan juta pengguna di seluruh dunia. Kepopuleran WhatsApp dapat diatribusikan kepada kemudahan dalam penggunaannya.

Selain itu, WhatsApp juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang semakin memfasilitasi pengguna dalam melakukan pengiriman pesan maupun panggilan telepon.

Kini, WhatsApp tidak hanya dapat digunakan pada perangkat seluler, namun juga tersedia melalui perangkat lain seperti tablet, laptop, atau komputer melalui versi WhatsApp Web.

Namun, kelemahan utama WhatsApp Web adalah masalah privasi. Pengguna lain dapat dengan mudah melihat isi pesan di WhatsApp, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna.

Baca Juga: Apa Itu WhatsApp Aero dan Link Download Whatsapp Aero Terbaru 2024

Cara Blur Chat di WhatsApp Web

Akan tetapi, terdapat solusi untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menggunakan fitur pengaburan (blur) pada percakapan agar tidak dapat dilihat oleh pihak lain.

Fitur WhatsApp Web

Ada beberapa fitur yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja? Yuk, simak saja di bawah ini.

1. Aksesibilitas Peningkatan

WhatsApp Web memungkinkan pengguna untuk mengakses akun WhatsApp melalui komputer atau laptop, sehingga komunikasi dapat berjalan tidak hanya melalui perangkat seluler, tetapi juga melalui perangkat desktop.

2. Tampilan Layar yang Lebih Luas

Pada umumnya, WhatsApp diakses melalui perangkat seluler dengan layar yang terbatas ukurannya. Namun, dengan menggunakan WhatsApp Web yang diakses melalui komputer atau laptop, pengguna dapat menikmati tampilan yang lebih besar, sehingga memudahkan dalam membaca pesan, melihat foto, dan video.

3. Kemampuan Multitasking

WhatsApp Web memfasilitasi para pengguna yang ingin mengaksesnya sambil melakukan pekerjaan di laptop atau komputer, sehingga tidak perlu beralih ke perangkat seluler untuk melihat pesan atau menerima panggilan telepon.

4. Sinkronisasi Pesan

Semua pesan, kontak, dan file media akan tersinkronisasi antara perangkat seluler dan komputer, sehingga pengguna tidak perlu membuka perangkat seluler untuk melihat atau mengunduh suatu file.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat untuk Mengamankan WhatsApp Web dengan Kata Sandi

Manfaat Fitur WhatsApp Web

1. Penggunaan Dua Akun Secara Simultan

Sebagaimana dilansir dari ghacks.net, pada umumnya WhatsApp hanya mengizinkan pengguna untuk mengakses satu akun dalam satu peramban (browser).

Namun, apabila pengguna mengakses melalui Google Chrome, mereka dapat menggunakan dua akun secara bersamaan dengan mengakses akun kedua dalam mode penyamaran (incognito mode).

2. Kode QR (Quick Response)

Fitur WhatsApp Web yang canggih dan sangat penting adalah kode QR. Fitur ini digunakan untuk mengakses percakapan pada WhatsApp Web. Apabila tidak memindai kode QR, WhatsApp Web tidak akan terbuka dan terhubung.

Pemindaian kode QR merupakan tindakan keamanan untuk memastikan akun terhubung ke perangkat yang benar.

3. Ekstensi WA Toolkit

WA Toolkit merupakan ekstensi peramban (browser) yang menawarkan dua fitur bermanfaat bagi para penggunanya.

Manfaat yang diberikan adalah dengan cara mengaktifkan notifikasi latar belakang, sehingga para pengguna tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu ketika ingin membaca pesan.

4. Pintasan Emoji

WhatsApp Web memiliki ikon ekspresi di sebelah kiri area penulisan teks. Namun, bagi para pengguna WhatsApp Web, terdapat pintasan untuk mengakses emoji apa pun tanpa perlu membuka kolom ekspresi. Caranya adalah dengan mengetikkan dua huruf pertama dari emoji yang ingin digunakan setelah tanda titik dua (:).

Pintasan yang diberikan WhatsApp Web tidak hanya sebatas itu saja. Berikut adalah pintasan yang dapat digunakan oleh para pengguna:

  • Ctrl + Alt + Shift + U: Menandai pesan sebagai telah dibaca
  • Ctrl + Alt + Shift + M: Menonaktifkan suara
  • Ctrl + Alt + Shift + E: Mengarsipkan percakapan
  • Ctrl + Alt + Backspace: Menghapus percakapan
  • Ctrl + Alt + Shift + P: Menyematkan percakapan
  • Ctrl + Alt + Shift + F: Mencari percakapan
  • Ctrl + Alt + N: Percakapan baru
  • Ctrl + Alt + Tab: Percakapan selanjutnya
  • Ctrl + Alt + Shift + Tab: Percakapan sebelumnya
  • Ctrl + Alt + Shift + N: Grup baru
  • Ctrl + Alt + S: Panel stiker
  • Ctrl + Alt + G: Panel GIF
  • Ctrl + Alt + E: Panel emoji
  • Ctrl + Alt + P: Profil

5. Mode Picture-in-Picture (PiP)

Mode Picture-in-Picture diperkenalkan pada tahun 2018. Fitur ini pada WhatsApp Web memudahkan para pengguna untuk menonton video dari berbagai sumber seperti YouTube, Facebook, dan Instagram, tanpa perlu keluar dari laman aplikasi.

Video biasanya diputar pada sudut kanan atas jendela percakapan, sehingga para pengguna dapat menonton video dan mengobrol secara bersamaan.

6. Pembagian Dokumen

Pembagian dokumen merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi WhatsApp Web. Pada fitur ini, para pengguna dapat dengan mudah mengirimkan dan menerima file multimedia hingga 100 MB seperti PDF, Word, PowerPoint, dan foto.

Baca Juga: 10 Aplikasi Sadap Whatsapp yang Bisa Disembunyikan

Cara Blur Chat di WhatsApp Web

  1. Bukalah halaman web Chrome Web Store pada aplikasi Google Chrome di komputer dengan mengakses tautan berikut: https://chrome.google.com/webstore/unsupported
  2. Ketikkan "Privacy Extension for WhatsApp Web" atau "WA Web Plus for WhatsApp" pada kolom pencarian, kemudian unduh dan instal ekstensi tersebut.
  3. Pilih opsi 'Add to Chrome' di pojok kanan atas layar desktop.
  4. Sesuaikan pengaturan ekstensi Google Chrome sesuai dengan preferensi Anda.
  5. Buka situs WhatsApp Web dan lakukan log in.
  6. Klik ekstensi yang telah Anda unduh dan instal melalui Google Chrome.
  7. Fitur pengaburan (blur) chat dapat diaktifkan dengan menekan tombol Alt + X, dan tampilan WhatsApp Web akan menjadi buram.
  8. Untuk membaca pesan yang dikaburkan, cukup arahkan kursor ke percakapan tersebut, dan tampilannya akan kembali normal atau efek blur akan hilang.

Demikianlah artikel tentang Cara Blur Chat di WhatsApp Web, Fitur dan Manfaat. Semoga artikel dapat membantu Anda, silakan mencoba fitur ini.

Posting Komentar untuk "Cara Blur Chat di WhatsApp Web, Fitur dan Manfaat"